Friday, August 1, 2008

Novel : Bourne Ultimatum [Robert Ludlum]

Bourne Ultimatum

Robert Ludlum
Gramedia Pustaka Utama, 2007
752 halaman
Baca 10 Februari 2007

Pasti udah banyak yang tau soal Jason Bourne kan?

Saya baca novel ini jauh sebelum rilis film Bourne Ultimatum. Plot utamanya adalah duel maut antara Bourne dan pembunuh bayaran lain yang bernama Ramirez alias Carlos – The Jackal.
Jason Bourne sudah dianggap mati, dikubur sebagai rahasia negara. Namun kenyataanya identitasnya kini adalah seorang David Webb, seorang kepala rumah tangga yang berprofesi sebagai dosen, sudah hidup tenang dengan istri dan 2 anak. Hanya sedikit yang mengetahui hal tersebut.
Namun kini ketenangannya terusik ketika dia diburu oleh pembunuh bayaran bernama Ramirez alias Carlos – The Jackal. Menjelang pudarnya reputasi The Jackal, Carlos ingin menghabisi Jason Bourne yang dianggap sebagai rival yang setara.

Bourne yang juga sudah termakan usia mau tak mau harus menghadapi Carlos, bersama rekan-rekannya di CIA dan koneksi-koneksinya ia berbalik memburu Carlos – The Jackal, sebelum Carlos menghabisinya.
Meski digambarkan kedua orang yang bersiteru ini sudah berumur, tapi masing-masing masih mempunyai insting pemburu yang sempurna, kegesitan dan mental agen kematian yang masih sempurna.
Endingnya sih jelas Bourne yang menang...

Overall, Proses saling berburunya itu yang seru! Setting laga-nya juga banyak, makanya waktu awal baca buku ini saya sudah membayangkan seandainya buku ini dibuat film pasti seru banget (walaupun gak berharap banyak karena kalau plot cerita di film kan si Marie udah tewas di Bourne Supremacy, sedangkan disini istri Bourne masih Marie yang sama)

...Setelah film Bourne Ultimatun rilis

Beberapa bulan kemudian film Bourne Ultimatum dirilis. Setelah nonton ternyata memang jauuuuuh banget bedanya. Kalau dibilang kecewa, tidak juga. Meski beda banget sama novelnya, Bourne Ultimatum versi filmnya juga bagus, gak kalah seru dengan di novelnya. Tapi secara pribadi sih saya lebih suka film Bourne Supremacy. Mengapa? Ada deeehhh.... ntar dibahas terpisah ya kalo lagi ngomongin film Bourne aja, oke?.

No comments: